Minggu, 06 September 2009

Update Bios Acer 4530

Kesel juga nih, masa tiap kali saya mau pake laptop yang baterenya dicabut, maka tiap kali booting juga laptopnya keluar blue screen yang disebabkan oleh XP Anda tidak support AHCI. Jaahh... siwalan...
:siga:

Padahal rasa-rasanya saya sudah ngubah settingan bios dari AHCI ke IDE, kok bisa balik ke settingan default ya? soal Udah gitu settingan jam juga rada-rada aneh, hehehehe Udah dibenerin eeh balik lagi jam-nya ngaco... kesel aku.

Usut punya usut, akhirnya ketemu permasalahannya, yakni bios saya masih versi jadul. Wkwkwkw Jadi masih banyak bug-bug gak jelas. evil

Baca-baca tutorial yang udah banyak beredar di masyarakat maya, ternyata update bios ini mempunyai resiko yang tinggi. Bayangkan kalo terjadi kesalahan dalam peng-update-an maka garansi laptop saya hangus. Hehehehe mrgreen

Tapi karena saya termasuk menyukai hal-hal yang berisiko tinggi, akhirnya bios ini saya update juga. Wkwkwkwkw mrgreen Dasar kepala batu...

Dan... setelah deg-deg-an beberapa menit, akhirnya update bios yang saya lakukan sukses besar...
:sweaty:

Sekarang bios saya udah versi 1.3334, coba deh liat screenshotnya. (sori nih yang belum di update lupa bikin screenshotnya, tadi bawaanya pengen cepet-cepet aja, jadi lupa mendokumentasikannya)


Oke sekarang adalah cara untuk update bios (ini khusus untuk laptop Acer Aspire 4530 yaa).

1. Silahken sampeyan unduh update-an bios versi 1.3334 dengan link yang ada di bawah. Kalo mau cari update terbaru silahken
2. Setelah di unduh, ekstrak file tersebut.
3. Kemudian buka folder Aspire 4530 v1.3334 BIOS, lalu buka lagi folder SWinFlash, terus cari file SWinFlash.exe. Jalankan file tersebut (klik double pada file tesebut).
4. Nanti akan muncul kotak dialog yang gambarnya seperti di bawah.

5. Untuk opsi SWinFlash Operation pilih Backup BIOS dan Flash BIOS with new settings
6. Naah opsi BIOS Setting locations, untuk specify backup file for existing BIOS, defaultnya adalah BIOS.BAK, naah kalo punya saya, saya ganti namanya jadi BIOS new.BAK. Sedangkan untuk opsi specify new BIOS file, sampeyan browse aja di folder hasil ekstrak tadi. Kemudian cari file yang bernama Z05_3334.wph.
7. Setelah selesai klik Tombol Flash BIOS, tapi sebelumnya, baca dulu postingan ini mpe habis, soalnya ada beberapa warning yang harus dipatuhi agar peng-update-an ini lancar.
8. Kalo udah di klik, tunggu bentar (beberapa detik), nanti dia akan restart sendiri. Naah kalo udah restart, langsung masuk ke BIOS lalu ganti settingan AHCI ke IDE. Hehehehe Setelah itu, insyaAllah dah gak ada masalah lagi.

WARNING

Sebelum sampeyan mulai mengupdate BIOS, sebaiknya :

1. Pasang baterenya
2. Matikan semua aplikasi yang gak perlu
3. Cabut peranti-peranti yang nempel di USB (termasuk mouse)
4. Cabut koneksi internet
5. Cabut kabel speaker ekstenal.
6. Yaah pokoknya seminimal mungkin lah ada pergerakan di laptop-nya. Hehehehe
7. Jangan lupa juga baca dulu pesan yang muncul sebelum anda menekan oke lebih lanjut
8. Semoga berhasil
9. Penulis blog ini tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada laptop sampeyan. Saya hanya sekedar sharing pengalaman dan ilmu (Working 100% di tempat saya). Terimakasih... Hehehehe mrgreen

Naah gimana bro/sis... Ternyata ngupdate BIOS gak serumit dan sesusah yang kita bayangkan kan?, hehehe Saya kira awalnya juga rumit dan kesannya menakutkan, eehh ujung-ujungnya malah simple, asal kita ngikuti semua petunjuk serta larangannya. Hehehehe
:nggaya:

Naah bagi sampeyan-sampeyan semua yang pengen ngunduh update BIOS tersebut, bisa langsung klik di http://www.ziddu.com/download/4815576/Aspire4530v1.3334BIOS.rar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts