Minggu, 06 September 2009

Cara Agar PC/Laptop Tidak Terkena Virus

Sob, sebenarnya ada beberapa cara agar PC/Laptop kita aman dari virus tanpa Antivirus. Tapi sebaiknya pakailah antivirus jika memory PC/Laptop sampeyan memungkinkan. sengihnampakgigi

Sejatinya, virus biasanya menyebar lewat flasdisk dan tanpa sengaja apabila kita mencolokkan flasdisk ke usb maka laptop/pc pun akan terinfeksi virus. (sori saya cuman pengen bahas virus yg menyebar lewat flashdisk).

Pernyataan akan bener jika?

* Sampeyan tidak punya/tidak install antivirus apapun.
* Sampeyan install antivirus tapi gak pernah diupdate.
* Sampeyan install antivirus tapi sayang virus ini gak masuk dalam database koleksi virus yang ada di provider antivirus
* Sampeyan tidak melakukan setting apapun di PC/Laptop sampeyan.

Naah, silahken sekarang sampeyan cocokkan dengan kondisi laptop/PC-nya masing-masing.

Gimana?

Oke, berdasarkan pengalaman saya pribadi, cara yang paling ampuh adalah berhati-hati dalam menangani Flasdisk. Dulu saya gak pernah install antivirus (RAM saya gak cukup sih) mrgreen Alhamdulillah saya gak pernah kena virus yang penyebarannya berasal dari flashdisk. Tapi saya selalu kebobolan virus dari inet. Wkwkwkw mrgreen Makanya, karena malas mesti bolak-balik nge-recover pake norton ghost sekarang saya install antivirus deh. peace

Naah, kehati-hatian yang saya maksud adalah jangan biarkan autorun/autoplay jalan otomatis. So, sekarang silahkan setting windows sampeyan agar autorun/autoplay-nya mati.

Kenapa? Karena pembuat virus sering (semuanya bahkan) menggunakan jalan ini untuk menyebarkan virus buatannya.

Kalo ada masih bingung apa itu autoplay, jawabannya: coba liat gambar di bawah ini,

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Itulah yang saya maksud. Hehehehe mrgreen

Sekarang sampeyan silahken ikuti tutorial yang saya posting di http://sulae.blogspot.com/2008/05/sedikit-lebih-aman-dari-virus-dengan.html Hehehe

Oke selanjutnya baca-baca di situ, udah lengkap kok.

Yang jelas cara ini lebih aman, nyaman, dan hemat waktu jika dibandingkan harus menscan flashdik dulu.

Oiya sampeyan pernah nemu user yang pake 2 antivirus? Wkwkwkw mrgreen Adduhh saya bener-bener gak habis pikir. Memory laptop dia cuman 512 Mb tapi habis dimakan untuk menjalankan antivirus aja. Akhirnya buka aplikasi-aplikasi penting jadi luuaaammmmbbaaattt banget. Hahahaha Belum lagi waktu ada yang mau transfer data pake flashdisk, luaaammmbaaatnya minta ampun, padahal yang mau ditransfer cuma 1 MB, yang luuaaammbbaat itu scan flashdisknya. Hahahaha mrgreen

Padahal udah saya kasih tau tips-nya. Buat apa pake antivirus 2 buah segala, kalo gak di update dan kurang hati-hati. Yaa akhirnya aktivitas kita jadi terhambat bukan?

Oke deh semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts